Rabu, 17 Juli 2013

Pemakaian Informasi Akuntansi



Pemakaian Informasi Akuntansi
Pihak-pihak yang berkepentingan dengan informasi akuntansi dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1. Pihak Intern (InternUsers)
Pemakai intern adalah manajer/pimpinan, yaitu orang yang bertanggungjawab terhadap perusahaan.
Pimpinan perusahaan memerlukan informasi akuntansi sebagai dasar untuk membuat perencanaan, dan menentukan kebijaksanaan untuk masa yang akan datang, mengadakan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan perusahaan yang dikelolanya serta untuk mengetahui tingkat keberhasialan yang dicapainya.
2. Pihak Ekstern (ExternalUsers)
a. Pemilik perusahaan/investor
Pemilik perusahaan memerlukan informasi akuntansi untuk mengetahui posisi keuangan, perkembangan perusahaan, prospek yang akan datang, serta ,menilai keberhasilan manajemen dalam mengelola perusahaan.
b. Calon investor
Sebelum menanamkan modalnya, calon investor harus memilih perusahaan mana yang dapat memberikan keuntungan paling banyak.
Untuk dapat mengetahui tingkat rentabilitas dan prospek masa yang akan datang, informasi akuntansi sangat diperlukan.
c. Kreditur/calon kreditur
Yang termasuk kreditur adalah lembaga-lembaga keuangan seperti bank dan lembaga keuangan bukan bank, serta suppier/leveransir yang melakukan penjualan secara kredit kepada perusahaan.
Mereka memerlukan informasi keuangan untuk dapat mengetahui posisi dan prospek keuangan perusahaan, keadaan likuiditas dan solvabilitas perusahaan, sehingga risiko yang kan dipikul dapat dikurangi.
d. Pemerintah
Pemerintah memerlukan informasi akuntansi untuk menetapkan pajak.
e. Karyawan
Dengan informasi akuntansi, karyawan dapat mengetahui prospek perusahaan untuk masa yang akan datang yang berkaiatan langsung dengan kesejahteraan.
f. Masyarakat
Masyarakat, terutama yang berada di sekitar perusahaan, berkepentingan terhadap perusahaan dalam hal penyediaan lapangan pekerjaan dan manfaat social lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar